Dec 20, 2011

Why Music Matters, Seberapa Penting Musik Dalam Hidup Anda ?

Beberapa minggu yang lalu saya iseng browsing di internet sampai terdampar disuatu web yaitu whymusicmatters.org, sebuah situs yang berisi gerakan untuk menghargai musik ditengah maraknya pembajakan. Ada sebuah video menarik tentang bagaimana musik berpengaruh terhadap kehidupan seseorang. Ini videonya :



Video tersebut bercerita tentang bagaimana The Beatles "menemani" hidup sang tokoh. Berawal dari kecil yang diwakili lagu Octopus Garden, berlanjut saat menikah, sampai di masa -  masa terpuruk The Beatles selalu menemani sang tokoh. Melalui video ini kita diajak berpikir, bahwa musik sudah sangat penting dalam hidup kita.



Saat menonton video ini saya hanya bisa tersenyum, mengingat masa - masa kecil tumbuh bersama musik yang diputar oleh orang tua saya. Samar - samar saya masih ingat bagaimana setiap pagi Ibu saya selalu memutarkan lagu anak - anak yang membangunkan saya dari tidur. Ayah saya juga memutar lagu - lagu favoritnya seperti Toto, Queen, Ebiet G. Ade, Iwan Fals. Kdang - kadang saya juga sering mendengar lagu - lagu Guns N Roses, Bon Jovi ataupun Kenny G yang diputar oleh Paman saya. Lagu - lagu yang agak ajaib bagi anak berumur 5 tahun seperti saya dimasa itu.

Di masa SD saya membeli kaset pertama saya, yaitu Sheila On 7 - 07 des



Sampai saat ini album ini masih jadi salah satu album Indonesia terbaik di mata saya :)
Di masa SMP saat pertama kali mengenal Internet dan memiliki MP3 Player wawasan musik saya juga semakin banyak. Dimasa ini saya membeli Kaset band luar negeri pertama saya, yaitu Album Linkin Park - Meteora. Dimasa ini saya juga mulai mendengarkan band - band lawas semacam Gun's n Roses, Queen, The Beatles dll. Agak aneh memang dikala teman - teman saya semisal teman - teman saya membicarakan lagu Peterpan saya malah asyik sendiri mendengar lagu Queen. Dan aneh juga ketika masa - masa menjelang ujian SMP album yang selalu saya dengar adalah album dari Slipknot :D

Masa SMA ketika internet sudah semakin mem"bumi" saya mulai sering googling - googling band. Dan dimasa - masa ini saya mulai tertarik dengan band indie. Mulai band - band indie lokal maupun internasional. Dimasa SMA saya juga menemui teman - teman yang se"paham" dengan saya. Sangat sulit memang menemukan orang yang memiliki selera musik yang sama dengan saya di daerah saya sendiri. Masa - masa mulai ngeband (wah jadi kangen masa-masa itu).

Dan sampai saat ini (saya sudah kuliah semester 5) musik masih jadi bagian dalam hidup saya. Walaupun musik yang saya dengar sudah jauh berbeda dari masa - masa SD ataupun SMP. Musik mengenalkan saya dengan banyak orang. Saya sangat antusias setiap kali mengenal seseorang yang memiliki selera musik yang sama dengan saya. Musik juga selalu menemani saya baik dimasa sulit maupun senang. Music is my drug.

Jadi salah satu cara untuk berterimakasih kepada musik yang sudah menemani kita hingga saat ini adalah menghargai musik itu sendiri :)

2 comments:

  1. Replies
    1. Salam kenal juga bli :)
      Mungkin Blog saya yang terdahulu (enggacandranata.co.cc) bisa diganti dengan yang baru ini bli hehe..

      Delete