Jul 17, 2011

Stand Up Comedy Indonesia


Belakangan saya sering melihat kata - kata stand up comedy di timeline twitter saya. Kata - kata tersebut mayoritas berasall dari 2 akun @pandji dan @radityadika. Pertama kali terlintas setelah mendengar kata - kata tersebut adalah adegan seseorang yang sedang asyik bermonolog cerita - cerita lucu dan mereka hanya sendiri. Tidak seperti kebanyakan komedi di Indonesia yang berdialog.
 
Balik lagi ke dua akun yang tadi, jadi Pandji dan Raditya Dika yang biasa kita lihat di tv lewat Provocative proactive ini ternyata merupakan pelaku dari Stand Up Comedy ini, yang bergabung di Stand Up Comedy Indonesia. Setelah saya browsing dan melihat aksi - aksi mereka. Bisa dibilang lumayan, sangat bagus malahan (menurut saya). Salah satu pelawak yang dari dulu sering melakukan Stand Up Comedy ini antara lain, Butet Kertarajasa, Alm. Taufik Safalas.

Mungkin ini adalah salah satu hiburan alternatif bagi kita yang sudah bosan akan acara komedi di tv yang kebanyakan me-lawak-kan sesuatu yang berbau fisik. Dan Stand Up Comedy ini melepas anggapan bahwa kalau mau ngelawak harus lebih dari satu orang. Selain itu dari segi materi jokes Stand Up Comedy lebih ber"isi", jokes - jokes yang dikeluarkan biasanya mengandung kritik terhadap isu - isu politik budaya dan lain. lain.

Berikut salah satu aksi dari Stand Up Comedy Indonesia









Walaupun aksi - aksi diatas memang belum profesional, tapi dengan memperluas materi lawakan saya yakin Stand Up Comedy bisa diterima dan berkembang di Indonesia

0 comments:

Post a Comment